Akun daring? Apaan sih?

Sebenarnya saya sudah lama mendapatkan pesan seperti ini: akun daring Ribuan akun daring dibajak setiap harinya. Jika Anda juga memakai sandi Gmail disitus lain bla-bla-bla. Benar sekali. Saya adalah pelanggan customer pengguna Gmail. Dan sejak beberapa dekade bulan yang lalu saya mendapatkan informasi seperti diatas. Mengganggu memang, namun yang lebih mengganggu adalah penggunaan istilah “daring” yang ketika saya cari di kamus besar bahasa Indonesia ternyata tidak ada. Dalam ingatan saya, ini bukan kali pertama Google menggunakan istilah pribadi mereka untuk hal-hal seperti ini. Sebelumnya kita ketahui bersama bahwa Google menggunakan kata “laman” untuk terjemahan dari “page” di hasil pencarian mereka. Ini saya masih maklum, karena kata “halaman” (3 suku kata) memang terkesan boros jika dibandingkan dengan “page” (1 suku kata). Tapi kata “daring”? Come on Google, jangan membuat user yang belum berkontribusi seperti saya ini menjadi bingung. Tapi ya sudah lah, saya cari sendiri maksud kata daring atau pengertian daring itu. Caranya? Saya ubah setting bahasa menjadi English, dan viola... akun daring Thousands of online accounts are hijacked every day. If you re-use bla-bla-bla Oh ternyata itu toh. Kurang lebihnya maksud kata daring adalah online accounts. “Barangkali daring berasal dari kata dalam jaringan internet” pikir saya. “Ah yang benar saja”.

Tidak ada komentar