Listrik Prabayar

Listrik prabayar adalah bentuk pelayanan PLN dimana pelanggan membayar terlebih dahulu sejumlah tertentu energi listrik sebelum menggunakannya. Listrik prabayar atau kadang disebut sebagai PLN prabayar atau layanan listrik prabayar dapat digambarkan secara sederhana sebagai berikut; pelanggan listrik membeli terlebih dahulu listrik yang akan mereka gunakan. Ini mirip dengan penggunaan pulsa telepon seluler. Sehingga ada pula yang menyebut sebagai pulsa listrik. Pelanggan listrik prabayar terlebih dahulu harus memasukkan 20 digit nomor token ke dalam meteran listrik prabayar untuk mengisi ulang listrik yang akan digunakan. Jadi mirip seperti ketika mengisi ulang pulsa telepon seluler atau HP. Pada saat artikel ini ditulis, meteran listrik prabayar rumah saya sudah terpasang. Ada beberapa kelebihan listrik prabayar atau keuntungan listrik prabayar yang saya rasakan. Yang pertama, saya tidak perlu repot mengingat tanggal kapan saya harus membayar listrik setiap bulannya. Secara otomatis, terhindar dari denda karena keterlambatan membayar listrik. Dan yang kedua , saya merasa lebih mempunyai kontrol atas listrik yang saya gunakan. Sama seperti kartu telepon seluler yang dulu saya gunakan, kalau tidak ingin boros ya cukup isi pulsa seperlunya saja. Keuntungan listrik prabayar yang kedua yang saya rasakan adalah lebih terjaganya privasi. Hal ini karena saya tidak perlu membukakan pintu gerbang untuk petugas listrik yang akan "mengabsen" meteran listrik setiap bulannya. Sekaligus juga dari segi keamanan juga lebih baik karena dapat menghindarkan orang yang mengaku-ngaku sebagai petugas listrik untuk masuk ke halaman rumah kita. Setidaknya kita bisa terhindar dari cerita fiktif berikut ini:
"Permisi saya mau mencatat penggunaan listrik bulan ini" "Loh pak, listrik saya prabayar kok, ngapain dicatat?" "eh, anu emm... " Kabur....
Lantas bagaimana mengetahui agar kita tidak tiba-tiba kehabisan listrik? Karena tentu saja tidak menyenangkan bukan jika pada malam hari tiba-tiba listrik padam hanya karena kita lupa mengisi ulang? Nah dari pengalaman saya, meteran listrik akan berbunyi berulang kali. Ini menandakan bahwa jatah listrik kita sudah hamper habis, sehingga kita perlu mengisi ulang listrik prabayar kita. Pembelian listrik prabayar ini dari pengalaman saya, bisa dilakukan lewat ATM bank tertentu, atau bisa juga dilakukan lewat distributor listrik prabayar. Di dekat saya ada pedagang pulsa seluler yang juga nyambi menjual pulsa listrik. Jadi jika anda anda bingung dimana mencari distributor listrik prabayar, anda bisa mencoba mencari di pedagang pulsa yang cukup ternama atau besar di sekitar anda. Anda tinggal menunjukkan kartu langganan listrik prabayar anda kepada si penjual dan menyerahkan uang sesuai dengan jumlah listrik yang ingin anda beli. Artikel tentang listrik prabayar ini saya susun berdasarkan pengalaman saya, bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar