Menghilangkan Navbar Blogger

Menghilangkan navbar blogger adalah cara yang ditempuh oleh sebagian orang untuk mempercantik blog miliknya yang numpang secara gratis di blogger/blogspot. Seperti yang kita ketahui blogger/blogspot mempunyai beberapa template yang secara default/bawaan menampilkan navbar. menghilangkan navbar blogger Bagi beberapa orang, termasuk saya, keberadaan navbar ini cukup mengganggu dan terasa kurang sedap dipandang mata. Dengan sedikit mengotak-atik template blogger, kita bisa menghilangkan navbar blogger. Caranya adalah sebagai berikut: Masuk ke halaman admin dari blog kita di blogger.com » Pilih Template lalu pilih Edit HTML seperti gambar berikut ini: cara menghilangkan navbar blogger Jika muncul dialog box yang isinya “Directly editing HTML may... bla-bla-bla”, kalau ‘diterjemahkan’ kurang lebih isinya “beneran kamu berani mengedit template? Kalau keliru bisa mawut lho’. Klik saja Proceed, alias “saya tidak takut, berani kotor itu baik” :) Cari kode berikut ini
#header-wrapper {
Lalu tempelkan kode ini diatasnya :
#navbar-iframe {
display: none !important;
}
Setelah itu klik Save template, tunggu sebentar agar perubahan yang telah anda lakukan disimpan oleh sistem, lalu klik Close dan selesai.  
cara menghilangkan navbar blogger
Btw, saya pribadi menyadari bahwa dari waktu ke waktu kedua platform ini (wordpress vs blogger) mengalami perubahan. Jadi suatu ketika nanti artikel cara menghilangkan navbar blogger ini mungkin sudah tidak relevan lagi apabila google menyadari bahwa navbar di blogspot/blogger memang begitu mengganggu dan mereka (google) memutuskan untuk menghilangkan navbar blogger secara default. Atau mungkin skenario yang lain terjadi, wordpress justru ikur-ikutan menambahkan navbar, sehingga kita tidak hanya perlu cara menghilangkan navbar blogger namun juga cara menghilangkan navbar wordpress. Ouch jangan sampai deh.

Tidak ada komentar