Pengertian Pragmatis

Pengertian pragmatis adalah hal yang terkadang membuat sebagian dari kita bertanya-tanya ketika menemui kata ini di sebuah tajuk, kolom opini atau artikel lain di media massa. Definisi pragmatis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bersifat praktis dan berguna bagi umum. Definisi pragmatis lainnya adalah bersifat mengutamakan segi kepraktisan dan kegunaan (kemanfaatan). Pengertian pragmatis lainnya adalah mengenai atau bersangkutan dengan pragmatisme. Pragmatisme adalah --menurut KBBI juga-- kepercayaan bahwa kebenaran atau nilai suatu ajaran bergantung pada penerapannya bagi kepentingan manusia. Ini merupakan paham yang menyatakan bahwa segala sesuatu tidak tetap, melainkan tumbuh dan berubah terus. Singkatnya ini merupakan pandangan yang memberi penjelasan yang berguna tentang suatu permasalahan dengan melihat sebab akibat berdasarkan kenyataan untuk tujuan praktis. Saya merasa bahwa kata pragmatime berasal dari bahasa inggris pragmatism. Wikipedia mendefinisikan pratmatism sebagai berikut;
Pragmatism is a philosophical tradition centered on the linking of practice and theory. It describes a process where theory is extracted from practice, and applied back to practice to form what is called intelligent practice. Terjemahan dari google untuk kalimat diatas adalah sebagai berikut; Pragmatisme adalah tradisi filsafat berpusat pada menghubungkan antara praktek dan teori. Ini menggambarkan suatu proses dimana teori diekstrak dari praktek, dan diterapkan kembali untuk berlatih untuk membentuk apa yang disebut praktek cerdas.
Sayangnya, ketika artikel ini ditulis, kutipan diatas belum mempunyai sumber. Memang itu berasal dari wikipedia, namun dari yang saya ketahui, standar artikel wikipedia pada umumnya menyertakan sumber untuk informasi-informasi penting. Dengan kita bisa menelusuri lebih lanjut "siapa" yang bertanggung jawab mengatakan "apa" di wikipedia. Eniwei, saya harap informasi diatas sudah cukup membantu bagi anda yang mencari Pengertian pragmatis atau definisi pragmatis.

Tidak ada komentar