Google Analytics VS Histats

[caption id="attachment_162" align="alignnone" width="500" caption="histats vs google analytics"]histats vs google analytics[/caption] Mungkin terlalu berlebihan, tapi gambar diatas cukup mewakili pikiran saya mengenai perbedaan Google Analytics vs Histats. Keduanya adalah fasilitas untuk melacak pengunjung situs kita, sehingga kita bisa mengetahui statistik dari situs yang kita pasangi fasilitas ini. Dengan kata lain, Google Analytics dan Histats bisa membantu kita dalam memantau perkembangan situs kita. Misalnya: 1. Dengan kata kunci apa saja orang datang ke situs kita 2. Situs mana saja yang mengarahkan (ngelink) pengunjungnya ke situs kita 3. Dari kota mana saja pengunjung situs kita berasal 4. Spesifikasi komputer pengunjung kita, misalnya Jenis Browser, Resolusi monitor, dan Sistem Operasi apa yang digunakan pengunjung. 5. Tulisan mana saja yang paling diminati / paling sering dikunjungi oleh pengunjung kita. 6. Berapa lama pengunjung kita mampir di tiap halaman situs kita. Berbagai fasilitas diatas adalah sebagian dari keseluruhan fasilitas yang ditawarkan, baik oleh Google Analytics maupun Histats. Perbedaan Google Analytics dan Histats yang paling menonjol adalah bahwa Google Analytics memiliki fitur yang lebih komplit dan lebih dalam dibandingkan Histats. Ini tidak mengherankan karena dari namanya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa Analytics berada di bawah raksasa internet Google. Hanya saja, sampai artikel ini ditulis, Google Analytics belum bisa menyajikan data secepat Histats. Data yang disajikan Google Analytics adalah data “kemarin bagaimana”. Sedangkan Histats bisa menyajikan data “jam ini bagaimana”. Barangkali ini karena Google Analytics menyajikan laporan yang lebih banyak daripada Histats. Namun demikian, saya termasuk orang yang menggunakan kedua fasilitas ini. Saya menggunakan Histats, karena saya menyukai kecepatannya dalam melaporkan informasi pengunjung situs saya. Dan saya menggunakan Google Analytics di situs saya yang lainnya, karena saya menyukai kelengkapan informasi yang disajikan. Dan lebih menyenangkan lagi, karena persamaan Google Analytics dan Histats adalah bahwa keduanya gratis :).

Tidak ada komentar