Redirect 301, cara redirect page / url

Redirect 301 adalah cara untuk memindahkan secara permanen suatu alamat sebuah halaman situs ke alamat halaman situs lain. Singkatnya redirect 301 adalah salah satu cara redirect url. Mungkin ada juga yang menyebutnya sebagai redirect page . Contoh kasusnya adalah sebagai berikut: Slamet memiliki sebuah halaman situs mengenai perkenalan diri slamet yang beralamat (url) di:
http://www.slametpagi.com/tentang-slamet.html
Karena suatu hal, slamet membuat sebuah halaman baru yang berisi informasi detail mengenai slamet yang beralamat di
http://www.slametpagi /tentang-slamet-sedetail-detailnya.html
Masalahnya, alamat halaman situs yang lama sudah tersebar luas sampai seluruh penjuru dunia dan akherat, sehingga semua orang yang ingin tahu mengenai slamet, akan menuju ke alamat halaman situs yang lama. Untuk mengarahkan pengunjung ke halaman yang baru, maka cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan teknik redirect 301. Cara redirect page dengan teknik redirect 301 sangatlah mudah. Kita tinggal membuka file .htaccess lalu memasukkan perintah sederhana dari redirect 301 yang strukturnya adalah sebagai berikut:
redirect 301 [halaman lama tanpa nama domain] [url lengkap halaman tujuan]
Dalam contoh kasus si Slamet diatas cara redirect page menggunakan teknik 301 adalah sebagai berikut:
redirect 301 /tentang-slamet.html http://www.slametpagi /tentang-slamet-sedetail-detailnya.html
Itu saja. Sangat simpel bukan? cara redirect 301 Redirect 301 bekerja dengan cara meneruskan pengunjung dari satu halaman ke halaman yang lain. Tak hanya pengunjung organik, redirect 301 juga bekerja dengan meneruskan search engine seperti Google. Jadi Slamet dan anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan pengunjung dari search engine. Dan ini bukan kata saya, tapi Insinyur google sendiri yang bilang (secara implisit) begitu. Lihat video dari Matt Cutts di sini: Are shortened URLs treated differently than other redirects?. Tidak berlebihan jika cara redirect page ini dibilang cukup efektif.

Tidak ada komentar